2000-2009: Sejarah ADGI-Asosiasi Desainer Grafis Indonesia

Sejarah ADGI-Asosiasi Desainer Grafis Indonesia

• 8 September 2005
Dalam acara “Gathering and Talk Show-It’s Graphic Designers United!” di arena FGD Expo 2005, Jakarta Convention Center, diterbitkan Memorandum ADGI kepada Gauri Nasution, Danton Sihombing, Hastjarjo B Wibowo dan Mendiola B Wiryawan untuk mempersiapkan Kongres ADGI dalam waktu 6 bulan.

Pada bulan Oktober 2005 para penerima mandat membentuk Tim Revitalisasi ADGI yang terdiri dari 14 orang desainer, yaitu; Andi S Boediman, Ardian Elkana, Danton Sihombing, Divina Nathalia, Djoko Hartanto, Gauri Nasution, Hastjarjo B Wibowo, Hermawan Tanzil, Ilma D Noe’man, Irvan A Noe’man, Lans Brahmantyo, Mendiola B Wiryawan, Nia Karlina dan Sakti Makki. Tim ini bekerja selama 5 bulan untuk merumuskan platform “ADGI Baru”. Berdasarkan evaluasi terhadap kinerja ADGI pada masa lalu dirumuskan branding platform Adgi baru yang kini hadir dengan deskripsi Indonesia Design Professionals Association.

Logo Adgi

• 22 Februari 2006
Sekitar 40 desainer menghadiri “Designer Gathering” di LeBoYe atas undangan tim 14 yang mencanangkan Revitalisasi ADGI. Tujuan pertemuan ini adalah untuk menghidupkan kembali asosiasi desainer yang sempat mati suri itu. Pertemuan malam itu menghasilkan logo baru Adgi serta rencana menggelar seminar pada bulan April 2006.

Setiap usulan dalam gathering dijadikan bahan diskusi dalam pertemuan-pertemuan Tim 14 sesudahnya, yang pada akhirnya menentukan fornat Adgi sebagai sebuah organisasi non-profit oriented yang berbentuk yayasan, yang berjuang bagi kepentingan anggotanya dan kemajuan desain nasional.

• 19 April 2006
Bertempat di Ballroom Hotel Le Meridien, Jakarta diselenggarakan Kongres Adgi dimana terpilih formasi presidium yang terdiri dari 5 orang yaitu Andi S Boediman, Danton Sihombing, Hastjarjo B Wibowo, Hermawan Tanzil dan Lans Brahmantyo untuk mengemban tugas memimpin Adgi selama periode 1 tahun dengan mengusung tema “Unifying Spirits”. Kongres pertama Adgi ini dihadiri oleh sekitar 150 orang desainer profesional dan akademisi desain komunikasi visual dari berbagai kota. Implementasi gagasan desentralisasi telah melahirkan Adgi-Jakarta Chapter yang diketuai oleh Nico A Pranoto dan Adgi-Surabaya Chapter yang diketuai oleh Yoshua Alpha Buana.

Adgi 1st Congress Poster by Hermawan Tanzil

Kongres pertama Adgi ini didahului oleh seminar bertema “The Power of Design in Creative Economy” yang menghadirkan dua desainer internasional, Simon Pemberton (Australian Graphic Designer Association, Australia) dan Kan Tai-Keung (Kan and Lau Design Consultant, Hong Kong) serta Direktur Utama Bank BNI 46, Sigit Pramono.

Tujuan seminar:
1. Menyatakan kepada publik pentingnya dan besarnya potensi yang dapat diberikan oleh desain grafis untuk meningkatkan kompetisi di dunia bisnis.
2. Memberi arahan ‘know-how’ di bidang desain grafis untuk menumbuhkan tingkat kompetisi di kancah bisnis Indonesia.
3. Menjadi wadah yang memberikan kesempatan kepada para profesional untuk belajar tentang trend, riset dan bisnis yang menggunakan desain grafis sebagai tool-nya.

• 16-30 Agustus 2006
Adgi menggelar pameran desain komunikasi visual “Petasan Grafis” di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta dengan sub-judul “Pameran Nasionalisme Indonesia dalam Desain Komunikasi Visual”. Pameran yang dibuka oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu itu diawali dengan pemutaran video perjalanan IPGI sebelum menjadi Adgi, disusul penyerahan penghargaan untuk ke-5 pemenang kompetisi “Ide Awards” (Penghargaan Nasional Akademik Desain Grafis). Kompetisi ini diadakan khusus untuk mahasiswa desain komunikasi visual yang mewakili institusi-institusi pendidikan desain di Indonesia yang terbagi atas 3 pilihan tema:
1. Kemasan makanan tradisional Indonesia, misalnya ekspolorasi kemasan dodol durian, tape ketan dsb., mulai dari brand identity dan seterusnya
2. Event, misalnya promosi tari-tarian daerah, resital gamelan dsb., mulai dari logo event dan sebagainya
3. Destination Branding, misalnya mengolah program komunikasi visual suatu tempat yang menarik di Indonesia (pantai, museum, tempat bersejarah dsb.).

Setelah melalui penilaian dewan juri yang terdiri dari Hanny Kardinata (Desainer Grafis Senior), Sita Subijakto (Headline Creative Communication), Ipong Purnomosidi (Kurator Bentara Budaya, Jakarta), Nirwan Dewanto (Budayawan) dan Seno Gumira Ajidarma (Budayawan), keluar sebagai pemenang adalah karya “Dolanpiade” dari Digital Studio, Jakarta (Dicky Mardona, Meliana Sari Hermanto, Octavia Subiyanto, Rifki Zulkarnain, Welly Caslin); “Peranakan Idealis” dari Institut Kesenian Jakarta (Irvan Mulia Ahmadi, Rahayu Pratiwi, Husin Alkaff, Muhammad Rizki Lazuardy); “Lurjuk” dari Universitas Kristen Petra, Surabaya (Aileen Halim, Ang Siau Fang, Selvy Hermawan); “Batik Illusion” dari Universitas Bina Nusantara (Adeline Ardine, Fredy Susanto, Nadya Kartika) serta “Moralitas Pers” dari Universitas Bina Nusantara, Jakarta (Kezia Winarta Wahyuni Wijayati, Lia Anggraeni, Filina Vicentia, Tafrian).

Masih berkaitan dengan pameran dan “Ide Awards”, pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2006 digelar seminar dan talk show dengan tema “Menyikapi booming pendidikan DKV dalam hubungannya dengan kualitas output yang dihasilkan”. Hadir sebagai pembicara, Andrian Dektisa Hagijanto, Sumbo Tinarbuko, Priyanto Sunarto dan Yongki Safanayong yang dimoderatori oleh Hastjarjo B Wibowo.

Hari kedua seminar dibawakan Djoko Hartanto (Majalah Concept), Nilam P Moeliono (Paper Project) dan Irwan Ahmett (Ahmett Salina) dengan moderator Irfan N Suryanto dan dengan tema ‘Visi dan tips persiapan bertarung dalam industri desain grafis’.

‘Petasan Grafis’ Poster, Galeri Nasional. 2006

• 19 April 2007 jam 09.00 s/d 13.00 wib
Dilaksanakan Kongres Nasional Adgi ke-2 di gedung Galeri Nasional, Jakarta. Kongres dihadiri 45 peserta undangan yang terdiri dari praktisi (desainer) dan pendidik.

Kongres memutuskan dan menetapkan 4 agenda penting yaitu:
1. Penerimaan laporan pertanggungjawaban pengurus sebelumnya (presidium).
2. Penetapan draft AD/ART dan Kode Etik menjadi rancangan AD/ART dan Kode Etik untuk kemudian dihibahkan kepada pengurus mendatang untuk disempurnakan.
3. Pelantikan Dewan Penasehat yang terdiri dari: Gauri Nasution, Ign. Hermawan Tanzil, Irvan A Noe’man, Iwan Ramelan, dan Wagiono Sunarto.
4. Pemilihan, dan pelantikan Ketua Umum Adgi untuk periode pengurusan 2007–2010 atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku sesuai dengan yang tertera pada AD/ART yang telah disempurnakan. Dari 5 nama Calon Ketua Umum, terpilih satu dengan suara terbanyak yaitu sebanyak 27 suara adalah Danton Sihombing.

Selanjutnya, Danton Sihombing selaku Ketua Umum Adgi 2007-2010 telah menunjuk Mario Tetelepta sebagai Sekjen Adgi dan Irvan N Suryanto sebagai Direktur Pengembangan dan Pemasaran Produk.

• 8-12 Agustus 2007
Pameran Poster International ‘One Globe One Flag’ di adakan di Jakarta Convention Center bersamaan dengan acara FGD Expo 2007. ADGI selaku panitia pelaksana pameran turut mengundang desainer-desainer untuk berpartisipasi sebagai peserta pameran. Seluruh peserta pameran ini merupakan partisipan yang terdiri dari desainer-desainer Indonesia dan dunia.

Undangan Mengikuti Pameran Poster Internasional ‘One Globe One Flag’

Tujuan dari Pameran Poster Internasional ‘One Globe One Flag’ adalah untuk meningkatkan kesadaran atas pentingnya kebersamaan dalam menghadapi berbagai masalah multi-dimensi yang ada di dunia.

Globe (bola dunia) dan flag (bendera) adalah atribut fisik dalam simbolisme universal yang mempunyai pengertian implisit. ‘One Globe One Flag’ adalah sebuah konsep yang menghargai perbedaan internasional baik sosial, budaya maupun geografi, dalam rangka melahirkan sejumlah pemahaman yang berujung pada antusiasme, aspirasi dan kesadaran bersama demi menciptakan dunia yang lebih baik.

ADGI besama FGD Expo 2007 (pameran industri grafika terbesar di Asia Tenggara) pada waktu bersamaan mengadakan acara “Think Big with Design” yang merupakan design conference terbesar dengan mengundang desainer-desainer kelas dunia.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Pengurus Adgi 2007-2010:

Dewan Penasehat
Gauri Nasution
Hermawan Tanzil
Irvan A Noe’man
Iwan Ramelan
Wagiono Sunarto

Pengurus Adgi Pusat
Ketua Umum: Danton Sihombing
Sekjen: Mario Tetelepta
Direktur Pengembangan Program: Irvan N. Suryanto
Direktur Program Designer EDGE : Nico A. Pranoto
Direktur Zoom-In: Ato Hertianto D.
Direktur Program Produk dan Layanan Komersial: Imelda Dewayani
Direktur Keanggotaan: Praba S. A.
Direktur Komunikasi dan Media: Bima Shaw
Direktur Pendanaan, Sponsorship dan Humas: Nilam P. Moeliono
Bendahara: Indah Tj.
Koord. Gugus Tugas AD/ART & Kode Etik: Dio Bowo

Pengurus Adgi Jakarta
Ketua Chapter: Divina Natalia

Pengurus Adgi Surabaya
Ketua Chapter: Bing Fei

Pengurus Adgi Yogyakarta
Ketua Care Taker: M. Arief Budiman

Pengurus Adgi Bali
Ketua Care Taker: Arief ‘Ayip’ Budiman

Pengurus Adgi Bandung
Dewan Formatur : Rudi Farid dan Oki Hamka

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

• 29 November 2007

Adgi menyelenggarakan “Adgi Jakarta Chapter-Member Recruitment and Gathering Night 2007″ pada hari Kamis, 29 November 2007, jam 18.00-21.00 wib di Forbidden Citi, Jl. Wijaya I No. 55, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dari 86 desainer grafis yang hadir, tercatat hampir 40 orang mendaftarkan diri langsung menjadi anggota baru Adgi Jakarta Chapter periode Desember 2007-Desember 2008.

Pada peristiwa ini disampaikan antara lain perubahan nama asosiasi dari Adgi-Indonesia Design Professionals Association menjadi ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia), kembali ke nama yang disepakati pada Konggres IPGI ke I di Jakarta Design Center tanggal 7 Mei 1994.

Logo baru ADGI.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

• 9 Mei 2008

“ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia)” Chapter Bali terbentuk

Setelah mengalami keterlambatan yang cukup panjang dan melalui sosialisasi intensif dalam 2 bulan, akhirnya ADGI Chapter Bali terbentuk kepengurusannya menyusul terbentuknya kepengurusan ADGI Chapter kota lainnya. Pada hari Jumat 9 Mei 2008 tepat jam 9.00 wita, sekitar 40-an desainer grafis Bali telah bersepakat menjalankan roda organisasi ADGI Chapter Bali untuk turut membangun industri Desain Grafis dan iklim usaha yang sehat di Indonesia. Utamanya untuk membangun pilar yang menunjang kekayaan dan keragaman budaya lokalitas dimana Bali memiliki hal sangat spesifik untuk dibangun.

Ikrar ini tidak hanya untuk menjalankan organisasi asosiasi ADGI seperti halnya organisasi asosiasi lainnya secara formal namun akan dibawakan secara casual untuk menggairahkan dinamika dan semangat menyerupai “paguyuban” tanpa menghilangkan esensinya sebagai organisasi formal.

Pengurus ADGI Chapter Bali yang terpilih mewakili ratusan desainer grafis di Bali ini adalah:
Chairman : Ade Adinata – Tiga Grafis – ade@tigagrafis.com
Vice Chairman : Adi Resana – Mouse Attack – adi@mouse-attack.com
Direktur Keuangan : Willy Agustianto – Daito – willy@daitoprinting.com
Direktur Keanggotaan : Dian Hadi – Temprina – dian@temprina.com
Direktur Pendanaan : Syaffri – The Beat Magazine – syaffri@gmail.com
Wakil : Edi Hernawan – Mouse Attack – seventhson@mouse-attack.com
Direktur D-EDGE : Toto Parwono – New Media College – toto@newmedia-bali.com
Direktur Zoom in : Ahmad Rifani (Arief) – Quiksilver – arief@quiksilver.co.id
Kesekretariatan : Firman Firdaus – Aswaru Design – firmanfird@yahoo.co.id
Public Relation : Eko Prabowo -Desain Eko – desainekobali@gmail.com

Kepengurusan dilengkapi dengan Advisory boards sebagai berikut:
1. Ayip – Matamera Communications – ayip@matamera.com
2. Komang Parwata – Duabe Studio – totobulu@yahoo.co.id
3. Harry Udiarta – Rama Group – tentankita@yahoo.com
4. Jaya Pattra Ditya – Matamera Communications – jay@matamera.com
5. Monteverdo Bensley – Karya Tangan Indah – monteverdo10@yahoo.com

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

• 26 Mei 2008

“ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia)” Chapter Jogja terbentuk

Rapat ADGI Chapter Jogja di Kopikopi Cafe, 26 Mei 2008 jam 19.00–23.00 yang dihadiri oleh A. Noor Arief (Direktur Utama PT. Aseli Dagadu Djokdja), Sumbo Tinarbuko (Direktur LSK Deskomvis, Kandidat Doktor FIB UGM, Dosen Diskomvis FSR ISI), SY. Eri Kuncoro (Director Medcom), M. Arief Budiman (Director PT. Petakumpet Creative Network), Andika DJ. (Director Syafaat Advertising, Dosen ADVY), M. Iqbal (Director Rekarupa) dan Rifqi Fauzi (Managing Director Srengenge Advertising) telah menghasilkan terbentuknya susunan pengurus ADGI Chapter Jogja, yang nantinya akan diresmikan saat acara Launching ADGI Chapter Jogja (direncanakan akan berlangsung pada Sabtu, 14 Juni 2008 jam 16.00–18.00 bertempat di Kopikopi Cafe).

Berikut susunan pengurus yang telah dibentuk:

Advisory Boards
A. Noor Arief (Direktur Utama PT. Aseli Dagadu Djokdja)
‘Ong’ Harry Wahyu (Desainer Grafis Senior)
Sumbo Tinarbuko (Konsultan Desain)
SY Sri Kuncoro (Director Medcom)

Executives
Ketua: M. Arief Budiman (Director PT. Petakumpet Creative Work)
Sekjend: Andika Dwi Djatmiko (Direktur Syafaat Advertising)
Bendahara: M. Iqbal (Direktur Rekarupa)

Sekretariat ADGI Chapter Jogja:
Dreamlab Building
Jl. Kabupaten 77B Nogotirto Gamping Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274-6415079, Fax 0274-6415080

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat desainer grafis Indonesia menjadi sebuah profesi yang bermartabat, sebuah profesi yang dapat memberikan penghidupan layak bagi kita dan keluarga, sebuah profesi yang mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, sebuah profesi yang mempunyai nilai tambah bagi industri komunikasi visual secara meluas melebar dibutuhkan semangat pembaruan dan komitmen yang tinggi.

Untuk itu, bertepatan dengan pembentukan dan peresmian ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) Chapter Yogyakarta sebagai upaya untuk mendorong kreativitas desainer grafis dan mendukung tumbuhnya industri kreatif di Yogyakarta dan sekitarnya, maka Executives ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) Chapter Yogyakarta akan menyelenggarakan Launching & Member Gathering:

1. D’Edge (workshop kreatif berbasis kampus)

Tema: Profesi Desainer Grafis Membangun Kemandirian
Pembicara: Ong Hari Wahyu (Desainer Grafis Senior), M Arief Budiman (Petakumpet)
Moderator: Andika DJ (Syafa’at ADV)
Tempat: Dagadu Pakuningratan Yogyakarta
Tanggal Pelaksanaan: 19 Juni 2008
Jam: 10.00-12.00 WIB

2. Zoom In (untuk anggota ADGI & Umum)

Tema: The Power Branding
Pembicara: Danton Sihombing (Inkara/Chairman ADGI), Noor Arief (Dagadu)
Moderator: Sumbo Tinarbuko (Konsultan Desain)
Tempat: Kopikopi Cafe Sagan Yogyakarta
Tanggal Pelaksanaan: 19 Juni 2008
Jam: 16.00-19.00 WIB

Program Kerja:
Orientasi program Jogja akan mengacu pada 2 hal besar: local branding (bagaimana men-support brand lokal untuk bisa tumbuh menjadi brand yang sustainable sekaligus menjadi pilot project bagi branding lokal dalam konteks yang lebih luas) dan creativepreneurship (memajukan budaya kreatif mandiri, mewujudkan makin banyak insan kreatif untuk menjadi enterpreneur dengan memposisikan ADGI sebagai komunitas creativepreneur dan men-support dunia akademis untuk menghasilkan lebih banyak alumni yang siap membangun perusahaan, tidak sekedar menjadi pekerja kreatif).

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

• 30 Juni 2008

Nico A. Pranoto berdasarkan SK No. 020/SK/VI/08/Adgi per tanggal 26 Juni 2008 resmi menjabat sebagai Sekjen Adgi periode 2007-2010.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

• 2 Agustus 2008

Peresmian Adgi Bali Chapter

Sabtu, 2 Agustus 2008
Danes Art Veranda
Denpasar, Bali

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Pemberdayaan Adgi Chapters

Semenjak Kongres Nasional Adgi yang dilaksanakan pada tanggal 19 April 2007 kini Adgi telah memiliki empat chapters di seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari:
Adgi Jakarta Chapter : resmi per 13 September 2007 berdasarkan SK No. 016/SK/IX/07/Adgi
Adgi Bali Chapter: resmi per 15 Mei 2008 berdasarkan SK No. 018/SK/V/08/Adgi
Adgi Yogyakarta Chapter: resmi per 26 Mei 2008 berdasarkan SK No. 019/SK/V/08/Adgi
Adgi Surabaya Chapter: resmi per 28 November 2008 berdasarkan SK No. 025/SK/XI/08/Adgi

Mekanisme rekruitmen para anggota Adgi dilaksanakan setiap tahunnya sekaligus memperkenalkan program-program Adgi yang dapat memberikan manfaat bagi para anggotanya.

Catatan jumlah anggota Adgi di masing-masing chapter di seluruh Indonesia hingga laporan ini diturunkan:
Adgi Jakarta Chapter : 73 orang
Adgi Bali Chapter: 47 orang
Adgi Yogyakarta Chapter: 34 orang
Adgi Surabaya Chapter: 48 orang
__________________________________
Total anggota: 202 orang

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Susunan Kepengurusan Adgi Periode 2007-2010
Berdasarkan update data dari masing-masing chapter per 17 April 2009.

Adgi Nasional
Dewan Penasehat: Gauri Nasution, Hermawan Tanzil, Irvan Noe’man, Riswanto Ramelan, Wagiono Sunarto

Ketua Umum: Danton Sihombing
Sekjen: Nico A. Pranoto
Direktur Pengembangan Program: Irvan N. Suryanto
Direktur Keanggotaan: Praba Sunar Aristyawan
Direktur Pembinaan Relasi: Nilam P. Moeliono
Direktur Komunikasi dan Media: Bima Shaw
Koordinator Gugus Tugas:
AD/ART dan Kode Etik Profesi: Dio Bowo, Mario Tetelepta

Adgi Jakarta Chapter
Ketua: Divina Natalia
Koordinator Keanggotaan : Tri Anugrah
Koordinator Program ‘Zoom In’: Anandita Ayudya
Koordinator Program ‘D-EDGE’ : Ritchie Ned Hansel

Adgi Bali Chapter
Dewan Penasehat Adgi Bali Chapter: Arif ‘Ayip’ Budiman, Komang Pawarta, Harry Udiarta, Jaya Pattra Ditya, Monteverdo Bensley

Ketua: Syaffrianto Hariadi
Wakil Ketua: Nur Eris M.
Sekretaris: Firman Firdaus
Direktur Pengembangan Program: Adi Resana
Direktur Keanggotaan: Dian Hadi
Direktur Pembinaan Relasi: Eko Prabowo
Direktur Komunikasi dan Media: Edi Hernawan
Direktur Keuangan: Willy Agustianto
Wakil Direktur Keuangan: IGA Purwa S.
Direktur Pendanaan Program: D.P. Arsa Putra
Koordinator Program ‘Zoom In’: Achmad Rivani
Koordinator Program ‘D-EDGE: Jango Pramartha

Adgi Yogyakarta Chapter
Dewan Penasehat Adgi Yogyakarta Chapter: A. Noor Arief, ‘Ong’ Harry Wahyu, Sumbo Tinarbuko, SY. Eri Kuncoro

Ketua: M. Arief Budiman
Sekjen: Andika DJ.
Direktur Keuangan: M. Iqbal
Direktur Program ‘Zoom In’: Nowo Juliarso
Direktur Program ‘D-EDGE’: FX Widiatmoko

Adgi Surabaya Chapter
Penasehat Adgi Surabaya Chapter Yugo Mudayadi

Ketua: Bing Fei
Sekjen: Amelia Sidik
Direktur Keuangan: Maria Christina
Koordinator Keanggotaan: Rachmatsyam ‘Ramok’, Liliany Santoso
Koord. Pengembangan Program: Alvin Raditya, Djoko Budhi S.
Koordinator Program ‘Zoom In’: Suhadi
Koordinator Program ‘D-EDGE’ : Christian Ang, Senja
Koord. Program ‘KaGetan’: —
Kasual Gathering-an : Gloria
Koordinator Publikasi: Yogi Tantra, Budihardjo

•••


About this entry